Astro Camp; Pengamatan Gerhana Bulan Total 2018

  • 14 November 2018
  • 12:41 WITA
  • Administrator
  • Berita

Himpunan Mahasiswa Ilmu Falak Program Studi Ilmu Falak Fakultas Syariah dan Hukum UIN Alauddin Makassar (27 Juli 2018),

Dalam rangka menyambut datangnya Gerhana Bulan Total pada hari Sabtu, 28 Juli 2018, Himpunan Mahasiswa Ilmu Falak Program Studi Ilmu Falak Fakultas Syariah dan Hukum UIN Alauddin Makassar melakasanakan kegiatan Astro Camp dengan tema kegiatan "Aktualisasi Pengamatan Gerhana dalam Al-Falakiyah" yang dilaksanakan di Danau Tanralili, yang merupakan salah satu kawasan wisata alam berupa danau penampung di lembah Gunung Bawakaraeng - Lompobattang Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan. Untuk sampai di tempat tersebut sejumlah Mahasiswa Program Studi Ilmu Falak menempuh perjalanan kurang lebih selama 2 jam dari Kota Makassar hingga kabupaten Gowa menggunakan kendaraan berupa motor dan kembali menempuh pendakian sekitar 4 jam, pada hari Jum'at, 27 Juli 2018.

Dalam kegiatan Observasi Gerhana Bulan Total ini, Mahasiswa Program Studi Ilmu Falak didukung oleh langit malam yang cerah sehingga setelah Mahasiswa Program Studi Ilmu Falak tidak hanya menyaksikan Gerhana Bulan Total usai melaksanakan Sholat Isya hingga pukul 24.00 WIB tapi juga dapat menyaksikan Hujan Meteor Perseid sekitar pukul 01.00 - 04.00 WIB. Selama proses terjadinya fenomena tersebut Mahasiswa Program Studi Ilmu Falak melakukan diskusi kecil.

Kegiatan ini diharapkan menjadi wadah bagi Mahasiswa Program Studi Ilmu Falak untuk tetap terus mejaga ikatan persaudaraan juga dapat menambah dan mengembangkan wawasan dan ilmu pengetahuan.