Profil

Program Studi/Jurusan Ilmu Falak (IFK) merupakan salah satu program studi/Jurusan yang ada di lingkungan Fakultas Syariah dan Hukum UIN Alauddin Makassar yang muncul berawal ketika adanya peluang pembukaan jurusan bagi setiap perguruan Tinggi oleh Kementerian Agama Republik Indonesia. Dekan Fakultas Syariah dan Hukum memanfaatkan peluang itu untuk membentuk dua jurusan baru yaitu Jurusan Ilmu Falak dan Hukum Ekonomi Syariah.

Pada tahun 2014, Prof. Dr. H. Ali Parman, M.A selaku Dekan Fakultas Syariah dan Hukum Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar membentuk Tim Penyusun Pembentukan Jurusan/Program Studi Ilmu Falak yang diketuai oleh Dr. Supardin. M.HI., dan sekretaris Dr. H. Abd. Wahid Haddade, Lc., M. HI.

Pada Tahun 2015, dibawah kepemimpinan Prof. Dr. Darussalam Syamsuddin, M. Ag. Naskah Proposal Pembentukan Program Studi Imu Falak Fakultas Syariah dan Hukum UIN Alauddin Makassar dengan resmi disahkan pada tanggal 28 September 2015. Dengan disahkannya naskah proposal tersebut, maka Pimpinan Fakultas Syariah dan Hukum UIN Alauddin Makassar menyerahkan naskah tersebut pada Direktur Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama Republik Indonesia, sebuah harapan dari segenap pimpinan Fakultas agar supaya naskah proposal pembentukan Program Studi Ilmu Falak dapat diterima dan berharap semoga Program Studi Ilmu Falak dapat disahkan untuk menjadi salah satu program studi di Fakultas Syariah dan Hukum UIN Alauddin Makassar.

Pada Tahun 2016, Berdasarkan Nomor Surat Keputusan Pendirian Program Studi Ilmu Falak yaitu Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama Republik Indonesia Nomor 1172 Tahun 2016, tertanggal 29 Feberuari 2019 dinyatakan Program Studi  Ilmu Falak (IFK) resmi dibuka pada Fakultas Syariah dan Hukum Universitas Islam Negeri Alauddin  Makassar, yang lulusannya mendapat gelar Sarjana Hukum (S.H).

Program Studi Jurusan Ilmu Falak (IFK) ini sesungguhnya merupakan program studi yang sangat prestisius dan prospektif khususnya dalam menjawab kebutuhan masyarakat dalam penyelesaian masalah terkait hukum, problematika Hukum Islam, dan masalah Falakiyah. Eksistensi Program Studi Ilmu Falak (IFK) ini didasari atas pemikiran dan fakta tentang kompleksitas masalah hukum dalam masyarakat dan masalah social lainnya khususnya terkait dengan hisab, rukyat, dan penaggalan hijriyah.  Atas pertimbangan kondisi tersebut, Fakultas Syariah dan Hukum terus mengembangkan program studi Jurusan Ilmu Falak (IFK) yang akan menyiapkan lulusannya menjadi calon ahli riset astronomi, hakim agama, tenaga ahli lajnah Falakiyah, advokat, dan profesi pendukung lainnya yang handal dan berkualitas.

Kedepannya Program Studi Ilmu Falak Fakultas Syariah dan Hukum UIN Alauddin Makassar berkomitmen untuk hadir di tengah-tengah masyarakat dan menjadi garda terdepan dalam menjawab problematika Hisab dan Rukyat khusnya dalam hal perbedaan penetapan awal bulan hijeriah, penanggalan hijeriah, penentuan waktu sholat, pengukuran arah kiblat, serta kepekaan terhadap fenomena-fenomena astronomi Islam di Indonesia.


Sejarah


Fasilitas

Program Studi Ilmu Falak (IFK) memiliki fasilitas sebagai berikut:
1. Ruang Laboratorium Praktikum Falak

2. Ruang Laboratorium Yustisi
3. Ruang Laboratorium Multimedia
4. Ruang LT
5. Ruang Perpustkaan
6. Ruang Jurnal