Lulus Asesmen, 3 Dosen Prodi Ilmu Falak Terima Sertifikat Pendidik

  • 03 Maret 2023
  • 09:33 WITA
  • Ilmu Falak
  • Berita

ILMU FALAK - Bertempat di Kantor LPM ( Lembaga Penjaminan Mutu ) UIN Alauddin Kampus 2 Samata Gowa, terlaksana kegiatan Penyerahan Sertifikat Pendidik bagi dosen UIN Alauddin, yang telah lulus syarat dan assesmen, Rabu (01/03/2023).

Dalam kegiatan tersebut hadir Ketua LPM Prof. Dr. Ahmad Abubakar, M.Ag., Kapus Pengembangan Standar Mutu Dr. Muljono Damopoli'i, M.Ag, Kapus Audit dan Pengendalian mutu Dr. Umar Sulaiman, M.Pd., Para Dosen Penerima Sertifikat dan Panitia Pelaksana.

Dr. Umar Sulaiman sebagai Ketua Panitia melaporkan bahwa rangkaian assesmen bagi para dosen yang bersyarat dimulai sejak bulan Mei 2022, dilanjutkan dengan kegiatan PPKD ( Program Peningkatan Kualitas Dosen ) yang baru berakhir 24 Februari 2023. Awalnya kami usulkan 326 nama nama dosen ( PNS & Non PNS ) ke Kemenag RI. Setelah melalui tahapan penyaringan dan seleksi berdasarkan umur, lama pengabdian, pangkat dan kualifikasi pendidikan, serta kuota yang tersedia, maka Dirjen Pendis Kemenag RI, menetapkan hanya 27 dosen yang bersyarat dan mengikuti assesmen, sampai lulus dan berhak mendapatkan sertifikat pendidik ( Serdos ).

Dari 27 dosen yang menerima sertifikat, tiga di antaranya dosen homebase Prodi Ilmu Falak Fakultas Syariah Hukum : Dr. H. Andi Muhammad Akmal, S.Ag., M.H.I., Dr. Rasywan Syarif, S.H.I, M.Si. dan Nur Aisyah, S.H.I., M.H.I.

“Alhamdulillah, setelah menunggu selama lima tahun, setelah mutasi dari PNS struktural Kemenag Kab.Soppeng Soppeng menjadi Fungsional Dosen UIN Alauddin, akhirnya lulus asesmen mendapatkan serdos. Ini adalah anugrah dan amanah yang harus dipertanggungjawabkan dengan melaksanakan tugas dengan optimal sesuai dengan amanah UU Guru dan Dosen” ungkap Andi Akmal, yang pernah Kepala KUA di Kab. Soppeng.

“Selamat bertugas dan bergabung menjadi dosen profesional. Andalah yang terpilih, lulus seleksi dan cerdas dalam menjalankan tugas akademik. Ingat, bahwa seorang dosen harus menjalankan tri darma perguruan tinggi, pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengabdian masyrakat. Harus juga memahami dengan baik kompetensi dosen. Kompetensi Paedagogik, Profesional, Kepribadian dan kompetensi Sosial” urai Prof.Dr. Ahmad Abubakar, M Ag, Ketua LPM UIN Alauddin.

Senada hal tersebut, Kaprodi Ilmu Falak  Dr. Fatmawati, S.Ag., M.Ag, menyampaikan apresiasi dan tahniah atas penyerahan sertifikat pendidik kepada 3 dosen homebasenya.

“Hal ini, akan lebih membantu dan menunjang kualitas dan kuantitas Dosen homebase, menuju raihan yang optimal, jelang akreditasi jurusan” Fatma yang akrab disapa Kak Hilal.