Sukses Lakukan Sosialisasi, Prodi Ilmu Falak Mengajak Santri Al-Junaidiyah Harus Bisa Menentukan Arah Kiblat

  • 26 Februari 2024
  • 10:17 WITA
  • Ilmu Falak
  • Berita

ILMU FALAK –Jelang penerimaan mahasiswa baru tahun 2024, Program Studi Ilmu Falak Fakultas Syariah dan Hukum UIN Alauddin Makassar langsungkan sosialisasi di Ponpes Al-Junaidiyah Biru Bone. Pada Kegiatan ini, juga dilakukan verifikasi arah kiblat,  Sabtu (24/02/2024).

Sosialisasi dan Verifikasi Arah Kiblat ini akan berlangsung hingga 25 Februari 2024. Peserta yang hadir di Ponpes Al-Junaidiyah Biru sebanyak 150 orang.

Kepala Sekolah Pendidikan Diniyah Formal (PDF), Akbar Amnur Lc berharap kedatangan Prodi Ilmu Falak di Ponpes Al-Junaidiyah akan menambah wawasan santri/santriwati terhadap alam semesta.

“Kehadiran Prodi Ilmu Falak akan melengkapi pengetahuan santri, karena disini kami hanya mengajarkan penanggalan saja, belum sepenuhnya mempelajari ruang lingkup Ilmu Falak itu sendiri. Saya berharap santri dapat melanjutkan kuliah di ilmu falak agar dapat kembali mengabdi di Ponpes Al-Junaidiyah Biru”

Salah satu dosen falak, Nurul Waqiah, menjelaskan memiliki alasan khusus mengapa ia memilih Kab. Bone sebagai awal sosisalisasi Prodi Ilmu Falak. “Sebagai salah satu alumni pesantren biru, tentunya merasabangga karena di sini santri sudah diajarkan ilmu falak, jadi kalau ingin lanjut kuliah kedepannya mereka sudah mengenal Prodi Ilmu Falak telah tersedia di UIN Alauddin Makassar,” papar ketua Gugus Penjaminan Mutu Ilmu Falak itu.

Selain itu, Kaprodi Ilmu Dr. Muh. Rasywan Syarif Falak ajak santri untuk bisa menentukan arah kiblat secara ilmiah dan Hukum Islam. "Saya rasa, santri-santri di Sul-Sel juga bisa menguasai ilmu falak, jangan mau dikalah sama santri yang mondok di jawa" tandasnya.