Pengabdian Masyarakat Prodi Ilmu Falak Gandeng KUA Jeneponto Dalam Penyuluhan Arah Kiblat

  • 18 Juli 2024
  • 04:11 WITA
  • Ilmu Falak
  • Berita

ILMU FALAK –Program Studi Ilmu Falak lakukan pengabdian masyarakat di KUA Kec. Bangkala, Kab. Jeneponto yang diikuti oleh pegawai dan para Imam Masjid se-Kecamatan Bangkala beserta tokoh masyarakat. (18/07/2024).

Kegian ini dibuka langsung oleh Rustam, S. Ag. Selaku kepala KUA Kec. Bangkala. Dalam sambutannya ia mengungkapkan “Ini bukan sekedar penyuluhan arah kiblat, namun ini merupakan upgrading atau peningkatan kualitas diri bagi setiap pegawai KUA Bangkala dan para imam masjid se-Kecamatan Bangkala”.

Selain itu “kolaborasi ini semoga dapat menjadi contoh budaya ilmiah yang baru bagi para penyuluh kiblat di berbagai daerah di Sulawesi Selatan” harapnya.

Dr. Muh. Rasywan Syarif selaku Ketua Prodi Ilmu Falak sekaligus pemateri menjelaskan, bahwa untuk memahami metode dan penentuan arah kiblat, para penyuluh tidak hanya membutuhkan panduan teori semata, akan tetapi praktik instrumentasi juga perlu tingkatkan.

“Sekarang itu teknologi semakin berkembang, termasuk dalam ilmu falak. Instrumen untuk pengukuran arah kiblat semakin maju, maka tugas dari kita semua khususnya penyuluh arah kiblat di KUA Bangkala beserta para imam masjid se-Kec. Bangkala, harus melek digital dan teknologi” tutupnya.